Langsung ke konten utama

PEMIMPIN





"SESUNGGUHNYA ALLOH RIDHO KEPADA KAMU PADA TIGA PERKARA DAN BENCI KEPADA TIGA PERKARA. ADAPUN (3 PERKARA) YANG MENJADIKAN ALLOH RIDHO KEPADA KAMU ADALAH :
1. HENDAKLAH KAMU MEMPERIBADATI-NYA DAN JANGAN MEMPERSEKUTUKANNYA DENGAN SESUATU APAPUN.
2. HENDAKLAH KAMU BERPEGANGTEGUH DENGAN TALI ALLOH SERAYA BERJAMA'AH DAN JANGAN BERFIRQAH-FIRQAH
3. HENDAKLAH KAMU SENANTIASA MENASEHATI KEPADA SESEORANG YANG ALLOH TELAH MENYERAHKAN KEPEMIMPINAN  KEPADANYA DALAM URUSANMU.
DAN ALLOH MEMBENCI KEPADAMU 3 PERKARA ; 
1. DIKATAKAN MENGATAKAN (MENGATAKAN SESUATU YANG BELUM JELAS KEBENARANNYA),
2. MENGHAMBUR-HAMBURKAN HARTA BENDA,
3. BANYAK BERTANYA (YANG TIDAK BERFAEDAH)"

H.R. AHMAD DARI ABI HURAIRAH, MUSNAD ABI HURAIRAH DAN MUSLIM, II/61)

LARANGAN MENYERAHKAN KEPEMIMPINAN KEPADA SEORANG WANITA

ROSUL BERSABDA ;

'SUATU KAUM TIDAK AKAN MENDAPATKAN KEBAHAGIAN, JIKA MEREKA MENYERAHKAN KEPEMIMPINANNYA KEPADA SEORANG PEREMPUAN'

H.R. Al Bukhari dari Abi Bakrah, Shahih Al-Bukhari dalam kitabul Fitan : IX/70

ANCAMAN TERHADAP PEMIMPIN YANG KHIANAT

Rosul Bersabda :

"tidaklah dari seseorang pemimpin yang menggembala kaum muslimin, lalu ia mati dalam keadaan menipu (curang) kepada mereka, kecuali Alloh akan mengharamkan syurga baginya." (H.R. al bukhari dari Ma'qil bin Yasar, shahih Al-Bukhari Dalam Kitabul Ahkam : IX/80, Muslim, shahih Muslim II/125. Lafadz Bukhari).

Rosul Bersabda :

"sesungguhnya manusia yang paling dicintaioleh Alloh kelak pada hari kiamat dan yang paling dekat tempat duduknya adalah Imam yang Adil dan manusia yang paling dibenci Alloh kelak pada hari kiyamat dan paling jauh tempat duduknya adalah imam yang dzalim" (H.R. At-tirmidzi dari Abi Said, Sunan At-tirmidzi dalam kitabul Ahkam II617 No 1329)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perintah Menetapi Aljama'ah

Alloh SWT berfirman didalam surat Al-Imran ayat 103 : "dan perpegangteguhlah kamu sekalian pada tali Alloh (islam) seraya berjama'ah, dan janganlah kamu berfirqah-firqah (bergolong-golong), dan ingatlah akan nikmat Alloh atas kamu tatkala kamu dahulu bermusuh-musuhan maka Alloh jinakkan antara hatimu maka dengan nikmat Alloh itu kamu menjadi bersaudara, padahal kamu dahulu nya berada ditepi jurang neraka, tetapi Alloh menyelamatkan kamu daripadanya begitulah Alloh menyelamatkan kamu daripadanya, begitulah Alloh menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu mendapat petunjuk" kalimat Aljama'ah pada ayat ini artinya bersama-sama atau bersatupadu karena : 1. sesuai dengan makna yang diberikan oleh para ahli tafsir, diantaranya Abdullah bin Mas'ud, ia menyebutkan bahwa bahwa yang dimaksud adalah "ALJAMA'AH" (tafsir AlQurthuby : III/159, tafsir Jaami'ul Bayan : VI/21) 2. Adanya Qorinah lafdziyah, yaitu WALA TAFAROQU setelah kalimat Jami'an

PERINTAH MENGANGKAT SEORANG AMIR

ALLOH SUBHANAHU WATA'ALA BERFIRMAN : "HAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN, TAATLAH KAMU KEPADA ALLOH, DAN TAATLAH KAMU KEPADA ROSUL DAN ULIL AMRI DIANTARA KAMU, MAKA JIKA KAMU BERSELISIH PENDAPAT TENTANG SESUATU MAKA KEMBALIKANLAH KEPADA ALLOH DAN ROSUL, JIKA KAMU BENAR-BENAR BERIMAN KEPADA ALLOH DAN HARI AKHIRAT. YANG DEMIKIAN ITU ADALAH YANG LEBIH BAIK DAN SEBAIK-BAIKNYA PENYELESAIAN (QS. AN-NISA 59) "DENGARKANLAH DAN TAATILAH SEKALIPUN YANG MEMIMPINMU SEORANG BUDAK HABSY YANG KEPALANYA SEPERTI KISMIS." (H.R. AL-BUKHARI DARI ANAS BIN MALIK, SHAHIH AL-BUKHORI DALAM KITABUL AHKAM : IX/78 DAN MUSLIM SHAHIH : II/130 LAFADZ AL BUKHARI) "BARANGSIAPA YANG TAAT KEPADAKU, MAKA SUNGGUH IA TAAT KEPADA ALLOH DAN BARANG SIAPA MEMAKSIATIKU MAKA SUNGGUH IA MEMAKSIATI ALLOH. BARANG SIAPA MENTAATI AMIRKU MAKA SUNGGUH IA TELAH MENTAATIKU DAN BARANGSIAPA MEMAKSIATI AMIRKU MAKA IA TELAH MEMAKSIATI AKU" (HR. AL-BUKHORI DARI ABU HURAIARAH, SHAHIH AL-BUKHARI DALAM KITABUL AH